Komponen dan Bobot Penilaian BdPD

Teknis Penilaian BdPD

Teknik penilaian sesuai dalam RPS :

Komponen dan Bobot Penilaian :

1. Final Project 1 dan 2 (a) : 20%

2. Uji Kompetensi 1 / UTS (b) : 20%

3. Uji Kompetensi 2 / UAS (c) : 20%

4. Peer Project (d) : 15%

5. Akhlak dan kehadiran (e)       : 10%

6. Quiz dan Keaktifan (f)           : 10%

7.      Penilaian Teman (g)               : 5%

Nilai Akhir  = (a x 20%)+(b x 20%)+(c x 20%)+(d x 15%)+(e x 10%) + (f x 10%) + (g x 5%) = 100%


Keterangannya adalah sebagai berikut:

a. Final Project adalah Kreasi karya tulisan tangan yang indah dan menarik yang berisi minimal ringkasan, tips dan trik mengerjakan, soal, dan kunci jawaban. Materi dalam Final Project 1 adalah semua materi sebelum UTS, dan materi dalam Final Project 2 adalah semua materi setelah UTS. Tidak ada batasan minimal maupun maksimal halaman, semakin besar usaha, semakin besar hasilnya. Kata kuncinya adalah Menarik dan Mudah dipahami oleh anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Pengumpulan Final Project 1 adalah 1 Minggu sebelum UTS dan Pengumpulan Final Project 2 adalah 2 Minggu sebelum UAS.

b. Uji Kompetensi 1 dilaksanakan saat UTS dan Uji Kompetensi 2 dilaksanakan saat UAS. Ujian ini bersifat CLOSE BOOK dan penuh kejujuran dan kedisiplinan. 

c. Peer Project adalah Kegiatan bermain peran yang dilakukan oleh mahasiswa seolah-olah Guru yang energik, bersemangat, dan penuh pikiran positif. Mahasiswa diharuskan mengumpulkan PPT, Convert PPT ke PDF, dan 5 buah soal (quiz) secara individu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Maksimal pengumpulan adalah H-2 pukul 23.59 WIB (misal kuliah hari Rabu, maka pengumpulan maksimal PPT dan link Quiz sharing adalah Senin pukul 23.59 WIB) di Google Form

PPT berisi rangkuman materi dan tips trik mengerjakannya. Quiz dapat dibuat menggunakan aplikasi seperti Kahoot, Quizizz, Online Quiz Creator, Mentimeter, Wordwall, dan yang sejenis. Dalam kegiatan Peer Project, Mahasiswa dibantu oleh seorang moderator yang berasal dari salah satu mahasiswa di pertemuan berikutnya yang akan maju menjadi pemeran peer project. 

PPT yang sudah diconvert ke PDF dikumpulkan juga dalam Grup WhatsApp BdPD H-2, sedangkan Link QUIZ disampaikan saat mahasiswa melakukan presentasi.

d. Akhlak dan Kehadiran Mahasiswa akan dinilai di setiap memasuki perkuliahan.

e. Nilai Quiz dan Keaktifan Mahasiswa akan mendapatkan nilai juga dalam perkuliahan ini. 

Keaktifan Mahasiswa juga dibuktikan dengan mengirimkan bukti Screenshot belajar mandiri dalam 1 minggu tersebut sebelum perkuliahan dimulai.


gemastik12.telkomuniversity.ac.id


Semangat Belajar!





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama