Cooperation - Living Values Education

"Mural Harmoni Kelas"

Tujuan Kegiatan

  • Siswa memahami bahwa kerja sama melibatkan saling menghormati, berbagi ide, dan bekerja menuju tujuan bersama.
  • Siswa belajar mendengarkan, memimpin, atau mengikuti dalam kelompok dengan penuh kepedulian dan keberanian.
  • Siswa mengembangkan sikap saling menghormati dan berbagi untuk menciptakan harmoni dalam kerja sama.

Kelas/Sasaran

Siswa kelas 4–6 SD (usia 9–12 tahun).

Durasi

60 menit (dapat disesuaikan dengan jadwal pelajaran).

Alat dan Bahan

  • Kertas besar atau kain kanvas untuk membuat mural kelas (dapat digambar di papan tulis jika kanvas tidak tersedia).
  • Cat air, spidol, crayon, atau alat gambar lainnya.
  • Kertas kecil untuk perencanaan ide kelompok.
  • Cerita pendek atau video animasi tentang kerja sama (misalnya, kisah anak-anak yang bekerja sama membuat taman sekolah).
  • Papan tulis atau kertas besar untuk menuliskan poin-poin diskusi.
  • Stiker atau penghargaan simbolis (opsional).

Langkah-langkah Kegiatan

  1. Pemanasan (10 menit): Cerita dan Diskusi
    • Guru memulai dengan menampilkan atau membacakan poin-poin , seperti:
      • “Kerja sama ada ketika orang bekerja sama menuju tujuan bersama.”
      • “Kerja sama diatur oleh prinsip saling menghormati.”
      • “Keberanian, pertimbangan, kepedulian, dan berbagi memberikan landasan untuk kerja sama.”
    • Ceritakan kisah sederhana, misalnya: “Se kelompok anak ingin membuat taman sekolah. Ada yang memberi ide, ada yang menanam, dan ada yang menyiram. Mereka mendengarkan satu sama lain dan akhirnya taman itu indah.”
    • Ajukan pertanyaan pemantik:
      • “Apa yang membuat anak-anak dalam cerita berhasil bekerja sama?”
      • “Pernahkah kalian bekerja sama dengan teman? Bagaimana rasanya?”
      • “Mengapa kita perlu mendengarkan atau kadang melepaskan ide kita saat bekerja sama?”
    • Jelaskan bahwa kerja sama berarti saling menghormati, berbagi tugas, mendengarkan, dan kadang memimpin atau mengikuti untuk mencapai tujuan bersama.
  2. Kegiatan Utama: Membuat Mural Harmoni Kelas (30 menit)
    • Persiapan: Guru menyiapkan kertas besar atau kain kanvas sebagai dasar mural yang disebut “Mural Harmoni Kelas.” Mural ini akan menggambarkan tema harmoni, seperti taman, kampung, atau pemandangan yang mencerminkan kerja sama.
    • Pembagian Kelompok: Bagi siswa menjadi kelompok kecil (4–5 orang) untuk memastikan semua siswa terlibat.
    • Tugas Kelompok:
      • Setiap kelompok berdiskusi untuk menentukan bagian mural yang akan mereka buat (misalnya, pohon, rumah, atau sungai). Dorong mereka untuk:
        • Berbagi ide (setiap anggota memberikan satu ide).
        • Menentukan siapa yang memimpin, menggambar, mewarnai, atau membantu.
        • Mendengarkan dan menghormati pendapat satu sama lain.
      • Berikan waktu 5 menit untuk perencanaan di kertas kecil, lalu 20 menit untuk menggambar bagian mural mereka di kertas besar.
      • Setiap kelompok menempelkan atau menggambar bagian mereka di mural utama, sehingga semua bagian menyatu menjadi satu karya harmonis.
    • Aturan Kerja Sama:
      • Setiap anggota harus berkontribusi (ide, gambar, atau warna).
      • Tidak boleh mendominasi atau menolak ide teman tanpa diskusi.
      • Jika ada konflik, dorong siswa untuk menyelesaikannya dengan berbicara dan mendengarkan.
    • Guru berkeliling untuk mengamati dinamika kelompok, memberikan bimbingan, dan mengingatkan nilai saling menghormati.
  3. Refleksi (15 menit)
    • Guru memfasilitasi diskusi kelas dengan menuliskan poin-poin penting di papan tulis, seperti:
      • Kerja sama membutuhkan saling menghormati dan mendengarkan.
      • Berbagi ide dan tugas membuat tujuan bersama tercapai.
      • Keberanian dan kepedulian membuat kerja sama lebih baik.
    • Tanyakan:
      • “Bagaimana kalian bekerja sama dalam kelompok? Apa yang kalian lakukan untuk mendengarkan teman?”
      • “Apa tantangan saat bekerja sama? Bagaimana kalian menyelesaikannya?”
      • “Bagaimana perasaan kalian saat mural jadi karena kerja sama?”
    • Hubungkan dengan poin : “Di mana ada cinta, di situ ada kerja sama” dan “Orang yang bekerja sama menerima kerja sama.”
    • (Opsional) Minta setiap kelompok berbagi satu hal yang mereka pelajari tentang kerja sama.
  4. Penutup (5 menit)
    • Guru menegaskan kembali pesan : “Kerja sama adalah bekerja bersama menuju tujuan dengan saling menghormati, berbagi, dan peduli.”
    • Berikan tugas kecil untuk di rumah: “Coba lakukan satu tindakan kerja sama, misalnya membantu keluarga membersihkan rumah atau bermain dengan teman secara adil. Ceritakan pengalamanmu besok!”
    • (Opsional) Berikan stiker atau pujian untuk kelompok yang menunjukkan kerja sama terbaik atau sikap saling menghormati.
    • Pajang “Mural Harmoni Kelas” di kelas sebagai pengingat nilai kerja sama.

Integrasi Nilai Karakter

  • Kerja Sama: Siswa belajar bekerja bersama menuju tujuan bersama melalui pembagian tugas dan ide.
  • Saling Menghormati: Diskusi dan aturan kelompok memperkuat prinsip saling menghormati, sesuai dengan “Kerja sama diatur oleh prinsip saling menghormati.”
  • Kepedulian dan Berbagi: Siswa mempraktikkan kepedulian dengan mendengarkan dan berbagi ide, mencerminkan “Keberanian, pertimbangan, kepedulian, dan berbagi memberikan landasan untuk kerja sama.”
  • Keberanian: Mengemukakan ide atau menyelesaikan konflik dalam kelompok melatih keberanian untuk berkontribusi.

Kaitan dengan Kehidupan Sehari-hari

  • Kegiatan ini relevan dengan situasi nyata, seperti bekerja dalam tim olahraga, membantu teman mengerjakan tugas kelompok, atau berkontribusi dalam kegiatan keluarga (misalnya, membersihkan rumah bersama).

Catatan untuk Guru

  • Pastikan pembagian kelompok seimbang (misalnya, campurkan siswa yang aktif dengan yang pendiam) untuk mendorong partisipasi semua anggota.
  • Awasi dinamika kelompok untuk mencegah dominasi oleh satu siswa dan dorong penyelesaian konflik secara damai.
  • Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan budaya lokal, seperti kerja sama dalam kegiatan gotong royong atau permainan tradisional.
  • Jika ada siswa yang kesulitan menggambar, guru dapat membantu dengan memberikan tugas sederhana, seperti mewarnai atau menempel.
  • Pajang mural di kelas untuk mengingatkan siswa akan pentingnya kerja sama.

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama